Kamis, 11 Agustus 2011

internet & perangkatnya

INTERNET

A.    Fasilitas dan Layanan Internet
Internet (Interconnection Networking) merupakan jaringan computer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia (World Wide Network) sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer (Cyberspace) dimana antara satu komputer dengan komputer lainnya dapat saling berhubungan ayau berkomunikasi.
Manfaat dari penggunaan internet adalah sebagai berikut :
1.      Media untuk mendapatkan informasi secara cepat dan murah.
2.      Media untuk melakukan promosi dan penawaran bagi perusahaan untuk memperkenalkan produknya.
3.      Media komunikasi interaktif seperti e-mail, chatting, mailing list, video konferensi, dan lain-lain.
4.      Media untuk membantu kegiatan bisnis, pendidikan (e-learning), maupun system perdagangan secara online (e-commerce).
Ada beberapa istilah yang sering digunakan apabila berada didalam dunia internet, yaitu sebagai berikut :
1.      World Wide Web (www), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat ditemukan menggunakan www, seperti informasi politik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi, pendidikan, dan lain sebagainya. Diumpamakan www merupakan perpustakaan besar yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan.
2.      Web site (situs web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Diumpamakan situs web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu.
3.      Web page (halaman web), merupakan sebuah halaman khusus dari situs web tertentu. Diumpamakan halaman web ini adalah sebuah halaman khusus buku dari situs web tertentu.
4.      Homepage, merupakan sampul halaman yang berisi aftar isi atau menu dari sebuah situs web.
5.      Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pengguna melakukan navigasi berbagai data dan informasi mnggunakan www.
Berbagai fasilitas dan layanan internet yang sudah tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh pengguna adalah sebagai berikut :
1.      Mailing List, merupakan layanan internet sebagai pengembang an dari email yang difungsikan untuk berdiskusi. Melalui milis kita dapat menyampaikan pengumuman seperti lomba pidato, olimpiade math, science, artikel menarik, dll.
2.      E-mail (electronic mail), mrupakan sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim email kita harus mempunyai email (mailbox). Untuk membuat mailbox melalui website tertentu yang menyediakan layanan tersebut.
3.      Internet Relay Chat (IRC), merupakan fasilitas yang diguna kan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.
4.      File Transfer Protocol (FTP), merupakan fasilitas untuk mengi rim suatu file yang disertakan melalui email. File yang dikirim dapat berupa file naskah (word), gambar, animasi, musik dll.
5.      Voice Over Internet Protocol (VOIP), merupakan fasilitas untuk melakukan pembicaraan telepon melalui jaringan internet. Fasilitas ini bias digunakan pada jaringan dengan skala yang luas maupun kecil (LAN).
6.      Newsgroup, merupakan aplikasi internet yang berfungsi untuk berkomunikasi antara satu dgn yg lain guna membahas suatu topik dalam sebuah forum. Grup-grup akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Contoh : diskusi tentang Indonesia alt.culture.indonesia, soc.culture.indonesia; tentang internet alt.internet; tentang serial tv : alt.tv.x-file, alt.tv.xena, tentang hobi : alt.filateli.rec.collection.stamps.
7.      Ghoper, merupakan fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protocol ghoper. Ghoper juga menyediakan menu direktori dari subdirektori sehingga mirip dengan client-server.
8.      Telnet, merupakan fasilitas untuk mengakses remote komputer yang berada ditempat lain. Dengan menggunakan fasilitas ini maka pemakai jaraj jauh dapat menukar file antarpengguna komputer dan menjalankan program yang ada pada komputer tersebut. Untuk mengakses Telnet maka pengguna harus melakukan regestrasi terlebih dahulu.
9.      Hyper Text Transfer Protocol (HTTP), merupakan fasilitas berbasis www. Dengan menggunakan fasilitas ini maka kita dapat mengakses informasi suatu situs yang ditulis dengan bahasa HTML yang berupa teks, gambar, animasi, suara, film, dan lain-lain.
Melalui internet kita juga bisa melakukan aktifitas untuk menjelajahi berbagai macam fasilitas layanan dan berbagai jenis kegiatan yang ada pada web tersebut. Kegiatan ini biasa juga disebut surfing. Beberapa aktifitas surfing yang bias dilakukan oleh pengguna antara lain:
1.      Mencari layanan informasi-informasi penting yang menyangkut kegiatan pribadi.
2.      Melakukan kegiatan belanja diinternet.
3.      Melakukan download program dan aplikasi secara gratis.
4.      Membaca berita, artikel, makalah, dan lain-lain.
5.      Mengambil dan menyimpan informasi yang dibutuhkan.
B.     Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet
1.      Komputer
Komputer adalah suatu perangkat yang sangat dibutuhkan untuk mengakses internet. Dalam hal ini, fungsi computer itu sendiri adalah sebagai sarana dalam proses akses internet sehingga apabila computer memiliki spesifikasi yang baik dan bagus, maka daya akses internet juga lebih cepat dibantu dengan koneksi ISP yang sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja computer dalam mengakses internet.
Spesfikasi minimal sebuah computer dalam akses internet antara lain sebagai berikut:
a.      Processor
Merupakan otak dari computer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam computer. Processor minimal yang digunakan adalah Pentium III 500 MHz.




 b.      RAM (Random Acces Memory)
Berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. Spesifikasi RAM minimal yang digunakan untuk akses internet adalah 64 MB.







c.       Harddisk
Digunakan sebagai media penyimpanan data secara magnetik. Spesifikasi harddisk minimal yang digunakan untuk akses internet adalah 20 GB.







d.      VGA Card
Merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor.spesifikasi minimal VGA card yang digunakan untuk akses internet adalah 4 MB.




e.       Monitor
Merupakan perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari computer. 






2.      Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputre menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem.
Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain:
a.      Modem Dial Up
Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:
1)      Modem Internal
Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
Adapun keuntungan penggunakan modem internal sebagi berikut :
a)      Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis.
b)      Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.
Sedangkan kelemahan modem internal sebagai berikut:
a)      Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem.
b)      Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari    power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.
2)      Modem Eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem ekternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
a)      Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain.
b)      Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal:
a)      Harga lebih mahal dari pada modem internal.
b)      Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.
b.      Modem Kabel
Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).
c.       Modem 3G
Modem 3G adalah modem yang digunakan untuk mengakses internet menggunakan kabel seluler. Modem 3G dapat berupa handphone atau berupa USB seperti flash disk. Saat ini, terdapat 3G (Third Generation) pada telpon seluler berbasis CDMA (Code Multiple Access), dimana 3G memiliki kecepatan transfer data hingga 230 Kbps.

Karateristik dari modem 3G adalah sebagai berikut.
1)      Diperlukan perangkat lunak tambahan untuk menggunakan modem 3G pada computer.
2)      Kecepatan akses internet yang dapat diperoleh menggunakan modem 3G sangat bergantung pada lokasi tower seluler yang mendukung akses 3G.
3)      Untuk lokasi yang dekat sekitar 100-200 meter dari tower operator seluler 3G, user mungkin akan memperoleh akses internet sekitar 1-2 Mbps. Untuk lokasi di luar kota atau daerah yang jauh dari tower operator seluler 3G kemungkinan user akan memperoleh kecapatan cukup pelan sekitar 9,6-20 Kbps.
d.      Modem ADSL
ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Ide utama teknologi ADSL adalh untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu.
Kelebihan dari modem ADSL adalah sebagai berikut:
a)      Adanya pembagian frekuensi tinggi dan rendah yang difungsikan secara proposional.
b)      Memiliki frekuensi tinggi untuk browsing di internet sedangkan frekuensi rendah difungsikan sebagai saluran telpon biasa.
c)      Penggunaan internet dengan modem ini biayanya lebih murah dibandingkan dengan modem Dial Up.
Kelemahan modem ADSL adalah sebagai berikut:
a)      Dipengaruhi oleh jarak pada kecepatan pengiriman data.
b)      Tidak semua software dapat menggunakan modem ADSL seperti Linux dan Windows 98.
e.       Modem Wi-Fi (Wireless Fidelity)
Modem Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah modem yang secara internal dapat dipakai di ruangan yang telah tersedia hotspot dan biasanya sudah terpasang pada computer jenis laptop. Sebagian besar peralatan Wi-Fi biasanya bekera pada frekuensi 2,4 GHz dan 5,8 GHz. Pada penggunaan modem ini terdapat istilah hotspot yaitu istilah yang digunakan bagi jaringan internet berbasis Wi-Fi di sebuah ruangan. Kecepatan akses internet menggunakan Wi-Fi cukup cepat dan kecepatan minimal 1 Mbps sampai sekitar 54 Mbps.
3.      Saluran Telepon (Line Telephone), TV Kabel, ISDN, Satelit, dan Handphone
a.      Saluran Telepon (Line Telephone)
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.
b.      TV Kabel
Selain saluran telepon, untuk melakukan akses internet juga bias dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel. Agar dapat menggunakan modem kabel, computer harus dilengkapi Ethernet (Ethernet card). Layanan akses modem kabel dapat melalui jaringan TV kabel dengan ISP diantaranya Cbn, Indosat, Linknet, Centrin, dan Mynet.
c.       ISDN
ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, yang menyediakan konektivitas digital ujung ke ujung untuk menunjang suatu ruang lingkup pelayanan yang luas. Para pemakai ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang terpisah.
Para pemakai juga memiliki akses standar melalui satu set interface pemakai jaringan multiguna standar. ISDN merupakan sebuah bentuk evolusi telepon local loop yang memepertimbangkan jaringan telepon sebagai jaringan terbesar di dunia telekomunikasi.
Di dalam ISDN terdapat dua jenis pelayanan, yaitu:
1)      Basic Rate Inteface (BRI)
2)      Primary Rate Interface (PRI)
d.      Satelit
Satelit yang digunakan adalah VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah setasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenna penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.
e.       Handphone
Internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan handphone. Protocol yang digunakan disebut WAP (Wireless Application) disingkat WAP adalah sebuah protocol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat atau membaca isi sebuah situs diinternet dalam sebuah format teks khusus.
WAP bekerja dengan modus teks dengan kecepatan 9,6 Kbps. Selain WAP, dikembangkan pula teknologi GPRS (General Packet Radio Service), GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 Kbps sampai 115 Kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke computer, notebook, dan handheld computer.
C.    Perangkat Keras Pendukung Akses Internet dalam Jaringan
1.      Router
Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai penghalaan. Proses penghalaan terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari protokol tumpukan (stack protocol) tujuh-lapis OSI. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
Fungsi lain dari penggunaan router adalah sebagai berikut:
a.       Untuk mengatur jalur sinyal secara efisiensi.
b.      Untuk mengatur pesan diantara dua buah protocol.
c.       Untuk mengatur pesan diantara topologi jaringan bus dan star.
d.      Untuk mengatur pesan yang melewati media transmisi.
2.      Repeater
Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya.




3.      Konektor RJ-11 dan RJ-45
RJ merupakan singkatan dari Registered Jack yaitu sebuah antarmuka  konektor fisik yang paling sering digunakan untuk terminal kabel telepon. Terdapat 2 macam RJ yaitu:
a.      Konektor RJ-11
Konektor RJ-11 adalah standar konektor yang digunakan pada pasangan 2-4 (kawat) kabel telepon. Jumlah konektor RJ-11 memiliki total 6 posisi konektor, tetapi biasanya yang benar-benar dimanfaatkan hanya 2 atau 4 posisi. Dua kabel standar RJ-11 dalah flat-satin dan Unshielded Twisted Pair (UTP).





b.      Konektor RJ-45
Konektor RJ-45 adalah kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan computer LAN maupun jaringan computer tipe lainnya. Ada 2 macam konektor RJ-45 yang konfigurasinya dapat disesuaikan dengan perangkat yang ingin dihubungkannya yaitu sebagai berikut:
1)      Straight Trough Configuration
Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan tingkat hierarki yang berbeda. Sebagai contoh adalah ketika kita menghubungkan PC ke jaringan computer kita dikantor lewat switch. Tipe kabel jenis ini lebih umum digunakan dan relative lebih mudah dalam penyusunan kabelnya saat memasang konektor RJ-45.
2)      Cross Over Configuration
Kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan hierarki setingkat, sebagai contoh koneksi antara PC to PC, atau PC ke AP radio, dan router to router.
4.      Ethernet Card
Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972.
Ethernet dapat menggunakan topologi jaringan fisik apa saja (bisa berupa topologi bus, topologi ring, topologi star atau topologi mesh) serta jenis kabel yang digunakan (bisa berupa kabel koaksial (bisa berupa Thicknet atau Thinnet), kabel tembaga (kabel UTP atau kabel STP), atau kabel serat optik). Meskipun demikian, topologi star lebih disukai. Secara logis, semua jaringan Ethernet menggunakan topologi bus, sehingga satu node akan menaruh sebuah sinyal di atas bus dan sinyal tersebut akan mengalir ke semua node lainnya yang terhubung ke bus.
Kegunaan Ethernet card adalah sebagai berikut:
a.       Memberikan akses fisik ke media komunikasi jaringan komputer.
b.      Terdapatnya program kecil di ethrnet card yang menyediakan mekanisme komunikasi di lapisan bawahmelalui alamat MAC. Hal ini memungkinkan pengguna untuksaling tersambung satu sama lain menggunakan kabel atau tanpa kabel menggunakan radio/wireless.
c.       Merupakan salah satu kunci utama dalam membangun jaringan local yang biasa dikenal sebagai Local Area Network (LAN).
Biasanya Ethernet card telah terpasang pada computer atau laptop tanpa harus memasangnya. Namun apabila ingin menambahkan Ethernet card, maka ada beberapa cara agar dapat tersambung ke motherboard computer, yaitu sebagai berikut:
a.       Terintegrasi, menjadi bagian (built-in) dari motherboard.
b.      Melalui sambungan PCL slot.
c.       Melalui sambungan ISA slot, tetapi sekarang sudah tidak digunakan lagi.
Jika dilihat dari kecepatannya, Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yakni sebagai berikut:
a.       10 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Ethernet saja (standar yang digunakan: 10Base2, 10Base5, 10BaseT, 10BaseF).
b.      100 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Fast Ethernet (standar yang digunakan: 100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4, 100BaseTX).
c.       1000 Mbit/detik atau 1 Gbit/detik, yang sering disebut sebagai Gigabit Ethernet (standar yang digunakan: 1000BaseCX, 1000BaseLX, 1000BaseSX, 1000BaseT).
d.      10000 Mbit/detik atau 10 Gbit/detik. Standar ini belum banyak diimplementasikan.
5.      Bridge
Bridge atau jembatan jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Jembatan jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Jembatan juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet. Jembatan akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke jembatan tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP). Jembatan jaringan juga kadang-kadang mendukung protokol Simple Network Management Protocol (SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur diagnosis lainnya.
6.      Jaringan Lokal
Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut:
a.       Mempunyai pesat data yang lebih tinggi.
b.      Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit.
c.       Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut. 
7.      Hub/Swich
Sebuah konsentrator/hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server, atau perangkat lain. Dalam topologi bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju.
Ciri-ciri yang dimiliki hub/switch adalah sebagai berikut:
a.       Biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45.
b.      Digunakan pada topologi bintang/star.
c.       Biasanya dijual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur manajemen port tersebut.
d.      Biasanya dipasang pada rek khusus, yang didalamnya terdapat bridge dan router.

Demikian sekilas penjelasan tentang dunia internet, muali dari fasilitas dan layanannya, perangkat kerasnya, perangkat pendukungnya, dan lain-lain. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan dan lain sebagainya. Terima Kasih..!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar